Hipnoterapi Makassar :  American Medical Association mendukung penggunaan hipnoterapi sebagai alternatif penyembuhan pecandu rokok, meskipun belum ada penelitian terstruktur yang mendukung keefektifan hipnoterapi, namun telah ada beberapa penemuan empiris yang menyatakan keberhasilan hipnoterapi.
Hipnoterapi bisa jadi pilihan bagi Anda untuk menghentikan kebiasaan buruk dalam merokok.

Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika berminat menjalani hipnoterapi adalah mencari hipnoterapis dengan lisensi dan pelatihan terpercaya.

Keadaan hipnosis memungkinkan seseorang untuk lebih terbuka terhadap diskusi dan saran. Hal ini dapat membantu penyembuhan fobia, ketakutan, kecemasan, gangguan tidur, depresi, stress, pengendalian rasa sakit, dan mengatasi kebiasaan seperti merokok atau makan berlebih.Selama proses hipnosis untuk berhenti merokok, pasien akan diminta membayangkan hasil dari bahaya merokok. Misalnya, asap rokok berbau seperti asap kendaraan, dan sebagainya. Hipnosis mengajarkan perokok untuk mengulangi afirmasi ketika hipnosis kapan pun si pecandu memiliki keinginan untuk merokok

Penelitian yang dilakukan oleh Budiman, Prodi Psikologi Islam UIN Raden Fatah Palembang, Pada tahun 2016 dengan judul EFEKTIVITAS HYPNOTERAPI TEKNIK ANCHOR TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU MEROKOK REMAJA Studi Pada Klien di Klinik Maulana Center of Hypnotherapy Palembang. (PSIKIS-Jurnal Psikologi Islami Vol. 2 No 2 (2016) 135-148),

Hasil penelitian ini menyatakan bahwa ada Pengaruh Hypnotherapy dengan Teknik Anchor terhadap Perubahan Perilaku Merokok Remaja. Perubahan yang dimaksudkan adalah mengarah pada perilaku yang lebih baik yakni,dari 15 orang yang diterapi dengan menggunakan hipnoterapi dengan teknik anchor 11 orang berhenti merokok sedangkan 2 orang dapat mengurangi intensitas dan frekuensi merokok hingga 78 % sementara untuk 2 orang lagi hanya mampu mampu mengurangi intensitas merokok 56, 3%.

Disarankan kepada remaja agar dapat lebih selektif dalam memilih teman pergaulan, lingkungan pergaulan, dan pemanfaatan waktu luang dengan kegiatan positif. Berusaha menghindari dan mencoba rokok, meningkatkan kontrol diri serta regulasi diri terhadap perkembangan teknologi dan informasi agar terhindar dari pergaulan negatif.

Begitu pula penelitian yang dilakukan oleh Ayu Wulandari dengan judul penelitian PENGARUH HIPNOTERAPI TERHADAP PENURUNAN FREKUENSI MEROKOK PADA REMAJA, FAKULTAS PSIKOLOGIUNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR 2016 Hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa hipnoterapi berpengaruh terhadap penurunan intensitas merokok remaja(p = 0,001).

Berdasarkanhasil yang diperoleh,hipnoterapi dapat menjadi salah satu pilihan bagi remaja untuk mengurangi intensitas merokok.